Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Guru di Sampit Sambut Positif Pelaksanaan Kurikulum 13

  • Oleh Rian Nafarin Luffi
  • 28 Januari 2017 - 12:44 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Guru di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menyambut positif pelaksanaan Kurikulum 13 atau yang biasa disebut K-13.

Kepala SMAN 1 Sampit, Darma Setiawan menyebutkan, sebagai induk kluster sekolah pelaksana K13 di Kotim, SMAN 1 Sampit mendukung pelaksanaan K13. Sebab pada dasarnya, K13 merupakan kurikulum revisi dari KTSP sehingga lebih memacu kemajuan belajar siswa.

"Sistem penilaian dalam K13 lebih menekankan pada penilaian proses dan bukan hanya fokus pada hasil akhir. Sehingga siswa dapat lebih mengekspresikan dan mengeksplorasi kemampuannya," ucapnya, Sabtu (28/1/2017).

Lanjut Darma, K13 memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan KTSP 2006 pada sisi keaktifan siswa dalam proses belajar-mengajar. Pada K13, siswa dituntut lebih aktif, kreatif dan inovatif dalam pemecahan masalah yang dihadapi di sekolah.

"K13 memiliki kompetensi yang dinilai dari sisi domain sifat, keterampilan dan pengetahuan, juga meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik sesuai proporsi," kata dia. (RIAN NAFARIN LUFFI/B-2)

Berita Terbaru