Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Wakatobi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Tradisi Paling Dinanti saat Imlek

  • Oleh Wahyu Krida
  • 28 Januari 2017 - 13:53 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Ada tradisi yang paling dinanti, khususnya bagi anak-anak pada perayaan Imlek. Tradisi tersebut adalah pembagian angpau atau amplop merah berisi uang.

Menurut Tjoy Djie alias Darsono warga Tionghoa di Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), tidak semua orang yang berhak menerima angpau saat perayaan Imlek.

"Orang yang berhak menerima angpau adalah anak yang belum menikah dan orang tua. Sedangkan orang yang telah menikah atau berkeluarga tidak boleh menerima angpau. Mereka wajib memberikan angpau," ujar Darsono seusai ibadah di Vihara Graha Sailendera Kawasan Bundaran Pangkalan Lima Pangkalan Bun, Sabtu (28/1/2017) .

Menurutnya, ia sendiri saat ini telah dianggap layak untuk menerima angpau dari anak-anaknya. "Biasanya angpau tersebut diberikan anak-anak saya saat acara makan bersama pada malam sebelum Imlek. Saat itu mereka sungkem dan menyerahkan angpau kepada saya," ujar lelaki sepuh tersebut.

Tetapi, lanjutnya, ia sebagai orang tua juga mempunyai kewajiban tetap memberikan angpau. "Namun yang diberi angpau bukan lagi anak-anak saya. Mereka sudah menikah semua. Saya memberikan angpau kepada cucu-cucu saya. Saat-saat kumpul keluarga dan pembagian angpau kepada cucu ini adalah yang paling menyenangkan. Karena melihat mereka tersenyum gembira berkumpul bersama," ujarnya. (WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru