Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Perikanan Sukamara Cari Cara agar Saat Pasar Sukma Sejahtera Beroperasi Tidak Cemari Lingkungan

  • Oleh Norhasanah
  • 28 Januari 2017 - 14:23 WIB

BORNEONEWS, Sukamara ' Agar limbah yang dihasilkan di pasar ikan tradisional Sukma Sejahtera tidak mencemari lingkungan dan mengganggu masyarakat sekitar saat beroprasi nantinya, Dinas Perikanan Sukamara terus mencari solusi cara menanganinya.

Sekretaris Dinas Perikanan Sukamara Yofi Yudistira mengatakan,  limbah ikan yang dihasilkan dapat menimbulkan bau tidak sedap, sehingga jika tidak ada penangan yang serius maka akan mencemari lingkungan sekitar pasar. Terlebih lokasi pasar yang berdekatan dengan pemukiman warga.

'Itu sebabnya sebelum dioprasikan kita harus sudah punya solusi untuk masalah ini, jika tidak ke depannya dapat menimbulkan masalah-masalah pada lingkungan,' Kata Yofi Yudistira, Sabtu (28/1/2017).

Menurutnya, pasar ikan akan banyak menghasilkan limbah karena ikan yang ada merupakan hasil dari seluruh nelayan di Sukamara, sehingga tidak mungkin pedagang selalu membuang hasil limbah seperti air ikan begitu saja dilokasi pasar mengingat lokasi pasar yang berdekatan dengan Sungai Jelai.

'Tentunya air ikan dan limbah lainnya bisa menyerap langsung ke Sungai dan warga disekitar pasar masih banyak memanfaatkan air Sungai Jelai untuk beraktifitas seperti mandi dan menucui pakaian, dan kita tidak mamu ini sampai menggangu warga.' Tuturnya. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru