Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

8 Kementerian dan Lembaga Buka Penerimaan PNS

  • Oleh Rokim
  • 28 Januari 2017 - 16:26 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (KemenPAN) dalam waktu dekat akan membuka pendaftaran penerimaan calon pegawai negeri sipil (PNS). Tahun ini ada 8 kementerian atau lembaga (K/L) yang akan merekrut taruna atau taruni sekolah ikatan dinas.

Delapan K/L yang akan membuka pendaftaran sekolah ikatan dinas itu adalah Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, Kementerian Perhubungan, Badan Intelijen Negara, Lembaga Sandi Negara, Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika, serta Badan Pusat Statistik.

Pengumuman pendaftaran calon taruna dan taruni akan diumukan melalui web Kemen PANRB www.menpan.go.id. Untuk menghindari hoax dan mencegah penipuan dihimbau masyarakat terus mengupdate situs resmi Kemen PANRB RI.

Kepastian penerimaan calon PNS itu saat KemenPAN mengadakan rapat kerja bersama 8 (K/L) yang menaungi Panselnas, Jakarta, Jumat (27/01/2017).

Asisten Deputi Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur Kemen PANRB, Arizal mengatakan guna menjaga transparansi dan fairness dalam penerimaan taruna dan taruni sekolah ikatan dinas, maka penerimaan tahun ini tetap dilaksanakan serentak di bawah koordinasi Kementerian PANRB.

"Bagi yang berminat bisa mendaftar secara online dan melalui ujian CAT (computer asissted test) yang akan difasilitasi pelaksanaannya oleh Badan Kepegawaian Negara," katanya.

Rencananya teknis pendaftaran akan dilaksanakan melalui satu pintu portal Panselnas dan peserta hanya bisa mendaftarkan pilihannya pada satu sekolah kedinasan.

Ujian CAT yang akan dilewati peserta meliputi tes kompetensi dasar (TKD) terdiri dari tes intelegensi umum (TIU), tes karakteristik pribadi (TWK) dan tes wawasan kebangsaan (TWK). Kemudian peserta akan mengikuti serangkaian tes lainnya tergantung kebutuhan kementerian dan lemaga. (Humas MenPANRB/B-6)

Berita Terbaru