Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gresik Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perajin Rotan di Kapuas Kesulitan Modal dan Pembeli

  • 28 Januari 2017 - 20:52 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Perajin rotan di Jalan Durian, Desa Pulau Telo Baru, Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas, terkendala modal untuk mengembangkan usaha. Selain itu, mereka mengeluhkan minimnya pembeli dari luar Kalimantan Tengah.

"Saat ini kami kekurangan modal untuk mengembangkan usaha kerajinan rotan. Kalaupun meminjam ke perbankan bisa saja, namun terkendala dengan pembeli. Walaupun ada pembeli, itu melalui suplaier di Banjarmasin, Kalimantan Selatan," kata Slamet, pengusaha kerajinan rotan, Sabtu (28/1/2017).

Sejauh ini, perajin rotan di Jalan Durian mayoritas hanya menerima pesanan dari masyarakat lokal. Sedangkan permintaan dari luar daerah sangat jarang.

"Saat ini kami hanya memenuhi permintaan masyarakat lokal yang ingin kursi meja bekas dililit menggunakan rotan. Bahkan ada yang meminta dibuatkan kursi berbalut rotan," tuturnya.

Untuk bahan baku, lanjut Slamet, sangat berlimpah. Sayang tidak sebanding dengan jumlah peminat. Untuk membuat kursi rotan, Slamet menuturkan bahwa dirinya sering memanfaatkan barang bekas. Terutama kursi bekas yang sudah rusak.

"Kami memanfaatkan barang bekas untuk di daur ulang menjadi lebih bagus. Misalnya kursi yang sudah rusak dililit dengan rotan sehingga mejadi barang bernilai tinggi," sebutnya. (DJIMMY NAPOLEON/B-3)

Berita Terbaru