Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Buru Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Punya TNTP, Warga Kobar Harus Lebih Peduli Nasib Primata

  • 29 Januari 2017 - 10:46 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah, memiliki Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP), kawasan khusus yang melindungi primata langka, termasuk orangutan. Sudah selayaknya, masyarakat di sekitar TNTP pun meningkatkan kepedulian akan kelestarian primata dan habitat aslinya.

Pesan itulah yang disampaikan sejumlah aktivis lingkungan yang tergabung dalam Forum Komunikasi Kader Konservasi Indonesia (FK3I), saat mengampanyekan penyelematan primata dalam rangka memperingati Hari Primata di arena car free day (CFD) Pangkalan Bun, Minggu (29/1/2017).

"Di sini (Kabupaten Kotawaringin Barat) memiliki Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) yang merupakan habitat asli orang utan," tegas Fembry Arianto, aktivis FK31.

Dalam kampanye penyelamatan primata itu, FK3I Pangkalan Bun membentangkan poster-poster bergambar primata yang hidup di Indonesia, tentu saja, termasuk gambar orangutan. Melalui poster itu, mereka juga mengabarkan bahwa primata di Indonesia benar-benar terancam punah.

"Di Indonesia ada 40 spesies. Sekitar 70 persen primata dalam kondisi terancam akibat ekploitasi dari manusia," Fembry.

Ia menjelaskan, salah satu peran masyarakat dalam melindungi primata, adalah dengan tidak memelihara atau memburunya, serta menjaga habitat asli mereka dari kerusakan. (FAHRUDDIN FITRIYA/B-10)

Berita Terbaru