Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tiga Primata Hampir Punah, Terancam Pemburu untuk Kesenangan

  • 29 Januari 2017 - 11:12 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Ada tiga primata asli Indonesia yang terancam punah, yaitu orangutan, kukang jawa, dan simakobu. Berdasarkan data lembaga konservasi dunia (IUCN), sepanjang tahun 2014 hingga 2016, tiga jenis primata itu merupakan bagian dari 25 primata di di seluruh dunia yang terancam punah.

Aktivis Forum Komunikasi Kader Konservasi Indonesia (FK3I) Pangkalan Bun, Fembry Arianto mengemukakan, dari sekitar 600 jenis primata di dunia, sekitar 40 jenis dapat ditemukan di belahan bumi Indonesia. Salah satu habitat asli yang masih tersisa yakni Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP).

"Di areal sekitar 450.000 hektare itu, ada sedikitnya 6 ribu orangutan yang masih tersisa," beber Arianto, saat kampanye penyelamatan primata di arena car free day (CFD), Jalan Sutan Syahrir, Pangkalan Bun, Minggu (29/1/2017).

Jumlah tersebut, kata dia, terus mengalami penurunan akibat menyusutnya areal TNTP. Karena itulah, menyambut Hari Primata Indonesia 30 Januari 2017, pihaknya mengajak masyarakat terlibat langsung untuk peduli terhadap pelestarian primata.

"Kita akan terus melakukan kampanye dan edukasi kepada masyarakat, tujuannya untuk meningkatkan kesadaran bersama. Cara paling mudah yang bisa dilakukan masyarakat adalah dengan tidak membeli dan mengurung primata," jelasnya.

Arianto khawatir, perburuan terhadap primata saat ini bukan lagi semata untuk memenuhi kebutuhan ekonomi, tapi lebih pada untuk kesenangan. Ia mengatakan, fenomena ini menunjukkan kegagalan pendidikan kesadaran lingkungan, dan rendahnya moralitas sebagian masyarakat.

"Fenomena tersebut cukup ironis dibandingkan dengan kekayaan dan jenis primata yang ada di Tanah Air," pungkasnya. (FAHRUDDIN FITRIYA/B-10)

Berita Terbaru