Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumbawa Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

MTQ Tingkat Kecamatan Baamang akan Digelar di Desa Ini

  • Oleh Rian Nafarin Luffi
  • 29 Januari 2017 - 18:58 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kecamatan Baamang, Kabupaten Kotawaringin Timur, akan digelar di Desa Tinduk.

Camat Baamang, Yusransyah mengatakan kegiatan keagamaan tingkat kecamatan itu nantinya akan berlangsung selama tiga hari dan dibuka pada 18 Februari mendatang.

"Sejak menjadi desa, tidak pernah dilaksanakan MTQ di sana (Desa Tinduk). Makanya atas pertimbangan itu, sekaligus atas permintaan kepala desanya, MTQ kecamatan akal dilaksanakan di sana," kata Yusransyah, Minggu (29/1/2017).

Dirinya menyebutkan, keputusan melaksanakan MTQ di Desa Tinduk sangat didukung warga di sana. Bahkan, warga bersedia membantu menyukseskan pergelarannya.

Karena sambutan positif warga desa, Yusransyah menyebutkan akan mengusahakan agar MTQ dapat berjalan meriah. Jadi, selain menyebarkan syiar-syiar islam, pagelaran ini diharapkan dapat menjadi pesta hiburan rakyat untuk warga pedesaan.

"Di pelaksanaannya nanti akan ada snack gratis setiap malam, agar masyarakat semakin tertarik. Ini salah satu usaha kita dalam membangkitkan kembali budaya-budaya Islam sekaligus menghibur rakyat desa," imbuhnya.

Untuk bidang-bidang yang akan dilombakkan, Yusransyah mengatakan tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan tahun lalu. Hanya saja pada tahun ini, untuk pertama kalinya mereka akan melombakan satu cabang baru, yaitu makalah Al Quran.

"Lombanya seperti tartil Quran, syarhil, tilawah untuk cabang dewasa, remaja, dan anak, tahfidz Quran, tafsir Quran dalam Bahasa Indonesia, Arab, dan Inggris untuk putera dan puteri, Qirat dan juga cabang baru, makalah Quran," pungkasnya. (RIAN NAFARIN LUFFI/B-11)

Berita Terbaru