Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Simalungun Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kapolres Kapuas: Gotong-royong Solusi bagi Petani Ladang Atasi Karhutla

  • 30 Januari 2017 - 12:47 WIB

BORNEO NEWS, Kuala Kapuas - Kapolres Kapuas AKBP Jukirman Situmorang menyatakan, upaya pencegahan terhadap Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) harus menjadi prioritas tetapi kultur budaya masyarakat dengan cara berladang perlu disikapi tanpa harus berurusan dengan hukum.

"Kalau penegakan hukum akan dilihat kembali pelaku pembakaran hutan, lahan dan pekarangan. Apakah sengaja atau mau berlandang akan dilakukan penyelidikan serta bukti di lapangan," kata AKBP Jukiman Situmorang,  Selasa (31/1/2017).

Seharusnya, kata dia, koordinasi di lapangan dibangun dengan baik. ,Aparat desa harus terlibat langsung  membantu warga ketika melakukan aktvitas berladang.

"Solusi Karhutla harus digaungkan kembali sistem gotong-royong di masyarakat, tidak mungkin masyarakat membuka lahan untuk bercocok tanam sampai puluhan hektar," katanya.

Kalau nilai gotong-royong digaungkan kembali tentu akan lebih baik, sebab tradisi berladang sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat di Kalteng.

"Jadi jangan sampai masyarakat jadi korban terutama petani bertandang, kalau korporasi akan kita proses," tegas Jukiman. (DJIMMY NAPOLEON/B-5)

Berita Terbaru