Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Awas, Bakteri E Coli di Sungai Jelai Meningkat Tiga Kali Lipat!

  • Oleh Norhasanah
  • 30 Januari 2017 - 17:18 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Tingginya bakteri e coli di air Sungai Jelai membuat Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukamara khawatir. Sebab, hasil uji di Laboratorium Lingkungan Hidup Jakarta semester II tahun 2016 menunjukkan memang ada peningkatan bakteri di atas baku mutu air.

Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Dampak Lingkungan, DLH Sukamara, Anderson A Kumpang mengatakan, baku mutu bakteri pada air dasarnya hanya 1.000 MPN. Namun hasil dari laporan yang diterima DLH Sukamara menunjukan ada kenaikan pada bakteri e coli.

'Hasil uji pada pada permukaan air hulu Sungai Jelai yang kita terima pada tanggal 15 November 2016 menunjukkan air sungai mengandung bakteri e coli 3.500 MPN. Dan ini menunjukkan peningkatan mencapai 3,5 lipat,' Kata Anderson A Kumpang, di ruangannya, Senin (30/1/2017).

Menurutnya, tingginya bakteri e coli di kandungan air Sungai Jelai membuat masyarakat Kabupaten Sukamara seharusnya tidak boleh mengonsumsi langsung air tersebut, sebab air itu dapat menyebabkan penyakit diare dan lainnya.

'Kita tahu masyarakat di bantaran Sungai Jelai rata-rata masih menggunakan air sungai. Untuk itu kita mengingatkan agar mereka tidak langsung mengonsumsinya, sebelum memasaknya terlebih dahulu. Karena ini tidak aman,' tuturnya. (NORHASANAH/B-10)

Berita Terbaru