Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lebong Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Air Sungai Tabuk Kandung Bakteri Ecoli Tertinggi

  • Oleh Norhasanah
  • 30 Januari 2017 - 14:26 WIB

BORNEONEWS, Sukamara ' Air Sungai Tabuk, anak Sungai Jelai, Kabupaten Sukamara terdata mengandung bakteri ecoli tertinggi. Tingginya aktivitas masyarakat, yang memanfaat sungai itu, termasuk untuk kegiatan mandi cuci kakus (MCK) diduga menjadi pemicu meningkatnya kandungan bakteri ecoli di Sungai Tabuk, mengingat lokasinya yang berada di wilayah permukiman padat penduduk.

'Berdasarkan dari hasil uji lab terhadap sampel di muara Sungai Tabuk menunjukkan angka 3.500 dari angka baku mutu yang seharusnya hanya 1.000,' kata Kabid Pengendalian Dampak Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukamara, Anderson, Senin (30/1/2017).

Menurutnya, dibandingkan dengan anakan sungai lainnya memang angka baku mutu kandungan ecoli pada air muara Sungai Tabuk lebih tinggi. Bandingkan dengan muara Sungai Kenawan dengan angka mencapai 1.300 dan Sungai Pudu 2.800.

'Anakan Sungai Tabuk memang berada di wilayah padat permukiman penduduk sehingga aktifitas Mandi Cuci Kakus juga masih banyak dilakukan oleh warga di aliran sungai tersebut,' ucap Anderson.

Kandungan ecoli yang tinggi dalam air tidak baik untuk dikonsumsi karena dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti diare apabila air tidak diolah atau dimasak secara baik dan benar. (NORHASANAH/N).

Berita Terbaru