Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bungo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Terisolasi, SD di Sungai Perlu Hanya Punya Tiga Siswa

  • Oleh Parnen
  • 30 Januari 2017 - 18:18 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Desa Sungai Perlu, Kecamatan Seruyan Hilir, Kabupaten Seruyan, hingga saat ini masih terisolasi. Tak hanya akses transportasi yang sulit dirasakan, pemenuhan layanan kesehatan pun juga tak kalah susahnya.

Sebelas dua belas dengan kondisi bidang pendidikan. Hingga saat ini bangunan SDN-1 Sungai Perlu, ditinggalkan oleh beberapa siswanya. "Dari enam murid yang bersekolah di situ. Sekarang cuma tersisa tiga orang murid saja. Dua murid lainnya dipindahkan orang tuanya bersekolah di Kuala Pembuang. Sedangkan satu murid lainnya sudah tamat sekolah (SD)," kata Kepala Desa Sungai Perlu, Hasanudin, Senin (30/1/2017).

Sementara untuk tenaga guru, cuma ada satu orang saja di sekolah itu. Beruntung, guru tersebut masih tetap aktif mengajar meskipun jumlah murid yang diajarkan cuma sebanyak tiga orang. "Melihat sedikitnya jumlah murid itu, sedikit banyak membuat kita turut merasa prihatin. Sebab, tidak seperti pada sekolah-sekolah lain," ujarnya.

Untuk anak usia sekolah yang berada di desanya, hampir seluruhnya sudah menamatkan sekolah. Sementara yang dominan banyak adalah anak usia dini. 

Hasanudin menambahkan, sedangkan untuk jumlah jiwa (warga) yang terdapat di desanya hanya sebanyak 127 jiwa dengan jumlah kepala keluarga sebanyak 33 KK. (PARNEN/B-10)

Berita Terbaru