Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Fakfak Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Inilah Alasan makin Sepinya Penumpang Angkutan Longboat di Seruyan

  • Oleh Parnen
  • 31 Januari 2017 - 16:15 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Beberapa alasan mengemuka kenapa jumlah penumpang usaha angkutan sungai longbout antar desa dan kecamatan di Seruyan saat ini makin sepi.

Menurut Aan, pemilik usaha angkutan longboat, sepinya penumpang lebih dikarenakan warga lebih memilih perjalanan melalui jalur jalan penghubung antar kecamatan.

"Contohnya saja, seperti Sembuluh. Warga disana lebih memilih berangkat ke Kuala Pembuang dengan menggunakan kendaraan melalui jalan penghubung. Sudah setahun ini kita tidak lagi melayani rute Kuala Pembuang - Sembuluh atau sebaliknya. Karena penumpangnya sulit didapat," kata Aan, Selasa (31/1/2017).

Selain usaha angkutan longboat terdampak fungsionalnya jalan penghubung antar kecamatan, alasan lainnya minimnya peminat warga untuk memanfaatkan transpotasi air tersebut.

"Sekarang sudah banyak yang memiliki kendaraan pribadi. Jadinya, mereka juga lebih memilih menggunakan kendaraan," ujarnya.

Sepinya penumpang longboat juga didapati pada tujuan Kuala Pembuang - Pembuang Hulu Kecamatan Hanau.

"Kalau jumlah penumpang tujuan Pembuang Hulu minimal ada sebanyak empat orang, maka kita antarkan. Tapi kurang dari pada jumlah itu, keberangkatan longboat tidak sampai menuju daerah itu ( Pembuang Hulu). Sebab jika penumpang cuma satu atau dua orang, hanya cukup buat biaya pembelian BBM mesinnya saja," ungkapnya. (PARNEN/B-5)

Berita Terbaru