Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Keterbatasan Anggaran Bisa Hambat Kinerja DPRD Barito Utara

  • Oleh Ramadani
  • 31 Januari 2017 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh ' Jajaran DPRD Kabupaten Barito Utara bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) melaksanakan Rapat Pembahasan Anggaran 2017, di ruang rapat dewan, Selasa (31/1/2017).

Rapat tersebut digelar sehubungan dengan kekurangan dana yang dialami DPRD untuk perjalanan dinas ke luar daerah, melakukan konsultasi, dan koordinasi.

Kekurangan anggaran tersebut bisa menghambat kinerja anggota DPRD Barito Utara, terutama menyangkut raperda yang diajukan oleh eksekutif, yang dalam hal ini perlu mendapat persetujuan dari dewan.

Sedangkan sebelum menyetujui raperda, DPRD  perlu melakukan konsultasi terlebih dahulu, sehingga perda yang ditetapkan benar-benar berkuaitas.

Rapat tersebut dipimpin Ketua DPRD Barito Utara Set Enus Y Mebas didampingi Wakil Ketua I Mery Rukayni, dan dihadiri oleh para anggota dewan. Sedangkan untuk TAPD Pemkab Barito Utara dipimpin Sekda Jainal Abidin.

Ketua DPRD Set Enus mengatakan, sesuai dengan hasil rapat yang dilaksanakan, terdapat tiga poin kesimpulan yakni untuk mengatasi kekurangan dana perjalanan dinas dewan ke luar daerah, perlu dilakukan pergeseran dana dari kode rekening yang sama.

Kekurangan dana tersebut nantinya akan diusulkan kembali pada APBD perubahan 2017.

'Karena tidak semua anggota dewan hadir pada rapat ini, sebelum dilakukan pergeseran dana pada rekening dimaksud, perlu dilakukan rapat intern dengan sekertariat DPRD,' tutup Set Enus. (RAMADHANI/B-3)

Berita Terbaru