Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Vaksinasi Hewan Peliharaan agar Terhidar dari Rabies

  • 31 Januari 2017 - 19:32 WIB

BORNEO NEWS, Kuala Kapuas - Ketua Fraksi Gerindra di DPRD Kabupaten Kapuas Raminiaty Sumanti Djoedir meminta pemkab melalui dinas terkait rutin memvaksin hewan peliharaan.

Tujuannya supaya hewan peliharaan tidak tertular virus rabies. Mengingat rabies merupakan virus yang sangat berbahaya, apalagi bila menular ke manusia. Bahkan bisa menyebabkan kematian jika tidak segera ditangani.

'Sebenarnya, rugi kalau tidak mau divaksin, seperti anjing atau kucing. Karena sebenarnya program dari pemerintah itu gratis, sedangkan penyakit rabies itu berbahaya,' kata Raminiaty, Selasa (31/1/2017).

Menurut dia, dengan vaksinasi, binatang peliharaan akan kebal terhadap virus rabies, meskipun terkena gigitan anjing penginap virus tersebut.

'Selain anjing kita bisa mati, sebelum mati dia bisa menggigit manusia termasuk pemiliknya. Kalau kita yang digigit tidak cepat dibawa ke rumah sakit bisa menyebabkan kematian,' kata legislator perempuan yang akrab disapa Bu Rami ini.

Oleh sebab itu, ia berharap, program vaksinasi rabies tetap dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kapuas. Kendati dinas peternakan yang sebelumnya menangani kasus tersebut, kini telah berubah status menjadi salah satu bidang pada Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas. (DJIMMY NAPOLEON/B-3)

Berita Terbaru