Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kapuas Hulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekali Berangkat Longboat Butuh Uang Solar Rp1,6 Juta

  • Oleh Parnen
  • 01 Februari 2017 - 12:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Pemilik alat transportasi air, longboat, sekali berangkat mengantarkan penumpangnya  harus merogoh kocek yang lumayan besar terlebih dahulu yang digunakan untuk biaya pembeliaan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar untuk pengoperasian mesin perahunya.

"Kita butuh pasokan minyak solar sebanyak 235 liter untuk sekali pemberangkatan menuju rute terjauh yakni dari Kuala Pembuang ke Pembuang Hulu Kecamatan Hanau. Total minyak itu, sudah mampu mencukupi keperluan untuk bisa balik (pulang) ke Kuala Pembuang," kata Yamin, yang bekerja pada sebuah angkutan longboat, Rabu (1/2/2017).

Satu liter solar, dibeli seharga Rp7 ribu dari agen yang sudah menyediakan sebelumnya. Sehingga kalau kalikan 235 liter berarti butuh biaya BBM Rp1,645 juta.

"Sekali berangkat dari Kuala Pembuang menuju rute terjauh yakni ke Pembuang Hulu dibutuhkan waktu tempuh sekitar sembilan jam lebih. Dengan harga tiket Rp125 ribu per penumpang. Kalau pada rute pertengahan yakni ke Desa Telaga Pulang Kecamatan Danau sembuluh cuma sekitar lima jam perjalanan dengan biaya tiket Rp70 ribu per penumpang," ujar Yamin.

Sementara itu, untuk tujuan ke desa-desa lainnya yang berada dibantaran sungai pematokan tiket hanya menyesuaikan jarak tempuh. Paling rendah antara Rp20-30 ribu per penumpang. (PARNEN/B-5)

Berita Terbaru