Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Simalungun Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ikan dan Sayur Serba Mahal, Warga Tanyakan Tindakan Pemerintah

  • Oleh Testi Priscilla
  • 01 Februari 2017 - 18:23 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Beberapa jenis ikan yang dijual di pasar saat ini mahal. Pantauan Borneonews saat mengunjungi Pasar Kahayan yang dikelola oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Palangka Raya, Pasar Besar, Pasar Datah Manuah serta Warung Sayur Kecil milik warga dan menemui bahwa harga ikan merata mengalami kenaikan.

"Ikan nila naik, biasanya Rp34.000 (per kilogram) sekarang Rp38.000. Ikan Lele juga biasanya Rp25.000 sekarang Rp30.000," ungkap Nita, penjual ikan di Pasar Kahayan, Rabu (1/2/2017).

Hal senada juga diungkapkan Reni, penjual sayur di Jalan Tingang Palangka Raya. Aneka sayur menurutnya mengalami kenaikan. Mulai dari sayur yang biasanya murah seperti kacang panjang hingga sayuran mahal seperti sayur pelengkap sop.

"Bisa saja sih saya jual sop-sopan Rp10.000 tapi ya saya batasi, seperti kentangnya tidak bisa satu biji apalai dua biji, saya potong jadi saparuh. Sama saja dengan wortel, saya dapatnya besar-besar jadi harus saya potong supaya bisa jual Rp10.000," jelas Reni.

Hal ini tentunya dikeluhkan pengusaha rumah makan. Jika harga cabai saja sudah selangit, di tambah harga sayur dan ikan yang mahal pengusaha rumah makan hanya bisa mengelus dada.

"Ya mau bagaimana. Nggak jualan ya rugi juga. Harga kita naikkan ya pelanggan kabur. Berusaha mencari penjual sayur dan ikan yang sekiranya paling murah saja di antara yang lain. Tidak apa-apa labanya berkurang asal masih ada perputaran dalam usaha," ungkap Titin, pengusaha rumah makan di Jalan Tingang.

Titin meminta pemerintah untuk dapat mengendalikan harga di pasaran karena menurutnya saat ini tidak ada alasan pedagang untuk menaikkan harga. Mengingat awal tahun sudah lewat dan tidak ada hari besar dalam waktu dekat.

"Kecuali Imlek kemarin ya, tapi masa sampai segitu harganya tidak turun-turun dari tahun baru kemarin," keluhnya. (TESTI PRISCILLA/B-8)

Berita Terbaru