Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Medan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Populasi Ternak Sapi Pulang Pisau Capai 9.043 Ekor

  • Oleh James Donny
  • 01 Februari 2017 - 21:01 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau- Populasi ternak sapi di Kabupaten Pulang Pisau hingga tahun 2016 ini mencapai 9.043 ekor. Hal itu disampaikan Kasi Pembibitan dan Produksi Peternakan, Dinas pertanian Kabupaten Pulang Pisau, Dedi Kusmadi saat ditemui Borneonews di ruang kerjanya, Rabu (1/2/2017).

"Saat ini populasi ternak sapi di Kabupaten Pulang Pisau sebanyak 9.043 ekor dan ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya dimana pada tahun 2015 ada sebanyak 8.825 ekor," kata Dedi.

Peningkatan ini, kata dia, terjadi dengan adanya pengadaan ternak bantuan pusat serta penggemukan sapi dan program gertak berahi.

Dedi mengatakan ternak sapi yang ada tersebar sebagian besar berada di empat kecamatan yakni Maliku, Pandih batu, Sebangau Kuala dan Kahayan Hilir. Namun yang menjadi sentra atau yang paling banyak ada di Maliku dan Pandih Batu. Dua daerah tersebut kata dia kaya juga akan pakan untuk ternak sapi.

Menurut Dedi, minat masyarakat juga cukup tinggi untuk mengembangkan ternak di wilayah tersebut sehingga perlu ada berbagai pola untuk pengembangan ternak sapi ini. Harapan tahun ini bisa menambah populasi ternak, dan tahun ini ditargetkan Dinas Pertanian sebanyak 10.055 ekor sapi di Kabupaten Pulang Pisau. (JAMES DONNY/B-8)

Berita Terbaru