Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ponorogo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Benda Temuan Warga Sanggabuana Ternyata Granat Gas Air Mata

  • Oleh Roni Sahala
  • 01 Februari 2017 - 22:08 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Benda yang ditemukan warga Jalan Sanggabuana 1, Kota Palangka Raya, ternyata merupakan granat gas air mata. Amunisi jenis ini biasa digunakan polisi dalam operasi khusus.

Di laman pindad.com disebutkan, granat dengan kode GT6-AR merupakan jenis tear gas hand granade. Berbentuk pipa dengan tuas di bagian atas dan memiliki berat bersih 407 gram.

Adapun isinya yakni komposisi senyawa kimia CS/CN atau chlorobenzylidene malononitrile yang dibalut alumunium. Granat jenis ini lebih dikenal dengan CS Gas Granade.

Cara kerjanya berdasarkan beberapa penjelasan, granad itu akan mengeluarkan gas sekitar 2 detik setelah kunci dicabut dan tuas lepas dari tangan. Biasa digunakan untuk membubarkan masa ataupun dalam operasi taktis khusus.

Seperti diberitakan sebelumnya, warga Jalan Sanggabuana 1, Palangka Raya, sempat geger dengan penemuan benda yang diduga granat aktif. Tidak ingin jatuh korban, Sat Brimob Polda Kalteng menurunkan Tim Gegana dan mengamankan amunisi yang diduga masih aktif itu. (RONI SAHALA/B-3)

Benda Diduga Granat Gegerkan Warga Jalan Sanggabuana


TAGS:

Berita Terbaru