Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manokwari Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penyu Hanya Mau Bertelur di Pantai yang Bersih dari Sampah

  • Oleh Wahyu Krida
  • 02 Februari 2017 - 16:26 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kebersihan pantai ternyata juga menjadi salah satu syarat agar penyu betah dan mau bertelur di pantai. Sampah-sampah kemasan bisa mengganggu ekosistem pantai, dan membuat penyu kehilangan habitat aslinya.

Hal itu dikatakan oleh TWA Tanjung Keluang, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah (Kalteng) Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Pangkalan Bun.

"Kita harus menjaga kebersihan pantai dari sampah anorganik, seperti bekas makanan dan mimuman kemasan yang dibuang secara sembarangan. Jadi pengunjung TWA diharapkan bisa membuang sampah pada bak yang tersedia," jelas Siswanto.

Kemudian, aktivitas masyarakat pada malam hari juga wajib dikendalikan. "Maksudnya ada lokasi tertentu yang tidak diperbolehkan untuk didekati pengunjung. Khususnya pengunjung malam hari yang biasanya memancing di kawasan pantai TWA tanjung keluang," beber Siswanto.

Menurutnya, lokasi tersebut adalah tempat favorit bagi penyu untuk mendarat dan bertelur. "Tujuannya agar penyu tidak takut dan enggan bertelur di kawasan TWA," jelasnya.(WAHYU KRIDA/B-10)

Berita Terbaru