Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Karo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sudah 5 Tahun Ratusan Meja-Kursi Sekolah Menumpuk di Pusat Industri Rotan Hampangen

  • Oleh Abdul Gofur
  • 02 Februari 2017 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sudah sekitar 5 tahun terakhir ratusan meja dan kursi sekolah menumpuk di salah satu gudang di pusat industri dan kerajinan rotan Hampangen, Kecamatan Tasik Payawan, Kabupaten Katingan.

Hal ini berdasarkan hasil pantauan borneonews.co.id, Kamis (2/2/2017).

Sejumlah petugas jaga di pusat industri dan kerajinan rotan Hampangen yang ditemui mengaku jika ratusan kursi dan meja dari bahan rotan ini sudah cukup lama menumpuk.

"Sudah sekitar 4, 5 tahun ini kursi dan meja untuk anak-anak sekolah itu hanya menumpuk di sini Mas, dan kita tidak berani mengotak atiknya," tutur Rinto Kaharap salah satu petugas di tempat itu.

Berdasarkan pantauan, kursi dan meja itu kondisinya tampak masih bagus dan kuat. Sebab sejauh ini memang belum pernah dipergunakan sebagaimana mestinya.

Menurut catatan borneonews.co.id, pada masa kepemimpinan Bupati Duwel Rawing untuk periode kedua kalinya 2008-2013 semua perkantoran dan sekolah-sekolah di Katingan diwajibkan menggunakan furniture dari bahan rotan.

Terobosan Bupati Duwel Rawing saat itu mendapat dukungan pemerintah pusat, yaitu dari Kementerian Perindustrian serta Kementerian Perdagangan RI.

Bahkan saat itu juga pemerintah pusat juga menyarankan agar semua sekolah-sekolah di Indonesia bisa menggunakan kursi meja dari rotan tersebut.

Namun penyaluran kursi meja sekolah di Katingan hanya berjalan ditahun 2012, selebihnya tidak pernah lagi didistribusikan. Bahkan saat ini sejumlah sekolah menggunakan kursi meja dari bahan kayu. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru