Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Katingan Sayangkan Mangkraknya Pusat Industri dan Kerajinan Rotan Hampangen

  • Oleh Abdul Gofur
  • 02 Februari 2017 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sejumlah warga Kabupaten Katingan menyayangkan mangkraknya pusat industri dan kerajinan rotan di Desa Hampangen, Kecamatan Tasik Payawan itu.

"Kami menyayangkan dengan kondisi pusat industri dan kerajinan rotan di desa kami yang saat ini terlihat mangkrak itu," kata Arif, warga Desa Hampangen Kabupaten Katingan, Kamis (2/2/2017).

Pasalnya, sebut Arif sudah sekitar tiga tahun terakhir pusat industri dan kerajinan rotan di desanya itu sepi. "Dulu waktu banyak karyawan yang bekerja, mereka juga sering belanja di warung kita ini. Tapi sekarang mereka tidak ada lagi, sebab yang tersisa hanya beberapa karyawan saja," katanya.

Arif juga mengaku dulu tidak jarang warga setempat ikut bekerja di pusat industri rotan tersebut.

Namun kemudian banyak karyawan yang diberhentikan karena perusahaanya tutup. "Dulu perusahaan daerah Katingan Jaya Mandiri yang merekrut karyawan itu, tapi sudah tiga tahun perusahaan daerah ini bubar, sehingga karyawannya juga bubar termasuk keluarga kami," imbuhnya.

Adi warga Kasongan juga mengaku menyayangkan pusat industri rotan Katingan ini tidak berfungsi lagi. "Pemerintah daerah seharusnya jangan diam. Sebab sarana dan prasaranya yang ada termasuk mesin-mesin pengolah dan juga ketersediaan listrik sudah tidak ada masalah," kata Adi.

Pemerintah daerah seharusnya mencari investor untuk mengembangkan rotan ini, sebab Katingan sejauh ini dikenal sebagai penghasil rotan mentah/asalan terbesar di Kalteng dan bahkan pulau Kalimantan. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru