Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Badan Promosi Pariwisata Daerah Diharapkan Bisa Sinergi dengan Berbagai Pihak

  • Oleh Testi Priscilla
  • 02 Februari 2017 - 16:49 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Kota Palangka Raya baru saja membentuk Badan Promosi Pariwisata Daerah, di Swiss Bell Hotel Danum, Kamis (2/2/2017). Badan ini segera saja diharapkan mampu membentuk dan membangun sinergi untuk mempromosikan pariwisata di Kota Cantik ini.

"Dari sisi lintas sektoral, tentu Disbudpar yang mengepalai ini harus didukung instansi teknis. Misalkan untuk menunjang pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan menuju tempat wisata maka instansi yang bisa digandeng adalah Dinas Pelerjaan Umum dan Penataan Ruang. Lalu untuk pembangunan infrastruktur fasilitas wisata, maka leading sektornya adalah Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman. Bagaimana dengan UMKM, yang menggerakan tentu saja adalah Dinas Koperasi dan UKM atau Dinas Perindustrian dan Perdagangan," ungkap Kandarani, Plt Sekda Kota Palangka Raya Kandarani yang ditemui Borneonews di sela-sela kegiatan tersebut.

Menurut Kandarani, dengan sinergi yang baik antara pelaku usaha, pelaku seni dan budaya hingga instansi terkait, maka untuk memaksimalkan potensi wisata yang ada bukan sesuatu yang mustahil.

"Contohnya Pulau Lombok. Dulu dipromosikan hanya lewat Dinas Pariwisata Bali. Seiring dengan gencarnya promosi maka kini mereka berdiri sendiri setelah potensi wisatanya diminati, ini contoh yang bagus," tambah Kandarani.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Palangka Raya, Norma Hikmah mengatakan bahwa Badan Promosi Pariwisata Daerah yang dibentuk ini selain untuk membantu pemerintah dalam mempromosikan pariwisata, lembaga ini juga diharapkan mampu bersinergi dengan semua pihak terkait untuk memperkuat promosi potensi-potensi wisata yang ada di Kota Palangka Raya.

"Badan ini diharap dapat memberi dorongan terutama untuk mempromosikan wisata Kota Palangka Raya lewat berbagai inovasi, baik melalui website maupun lewat promosi langsung dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan. Yang tak kalah penting juga menginventarisir potensi-potensi wisata yang dapat diandalkan di Kota Palangka raya sebagai tujuan wisata," ucap Norma.

Ia menambahkan promosi wisata selama ini bukannya tidak berjalan dengan baik, hanya saja perlu diperkuat lagi upaya promosi melalui berbagai cara dan ide. Terutama dengan dukungan yang dimunculkan para pelaku usaha, pelaku seni dan budaya serta kekuatan dukungan dari instansi teknis lainnya dalam menunjang pembangunan kepariwisataan di Kota Cantik Palangka Raya. (TESTI PRISCILLA/B-8)

Berita Terbaru