Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembudidaya Walet Resah Akibat Aksi Pencurian

  • Oleh Ramadani
  • 02 Februari 2017 - 18:37 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Kasus pencurian sarang burung walet dengan modus membobol dinding bangunan sarang walet kembali terjadi di Kabupaten Barito Utara. Aksi ini bukan yang pertama kali, sebelumnya Rehan, salah seorang warga Kelurahan Lanjas, yang rumah waletnya berada di belakang sekolah SDN Lanjas 4 dibobol maling pada tanggal 20 November 2016 lalu. Hingga saat ini kasus tersebut masih ditangani oleh pihak kepolisian atau pelakunya belum berhasil ditangkap.

Kali ini pembobolan sarang walet terjadi di rumah warga yang berada di jalan Permata Biru, tepatnya di Perumahan Brobudur milik Safrullah (42) yang tinggal di Jalan Nusantara. Pelaku saat ini masih dalam penyidikan. Polisi sudah melakukan olah TKP di tempat kejadian.

Menurut Safullah, pencurian sarang waletnya tersebut tidak di ketahui pasti kapan terjadinya, namun 10 hari sebelum kejadiaan dirinya pernah mengunjungi untuk melihat bangunan sarang walet miliknya. Rencananya sarang walet tersebut setelah genap tiga bulan, baru dipanen dan hasilnya akan dijual kepada para pengepul.

'Ketika saya datang ingin melihat bangunan sarang burung walet, saya terkejut bangunanya dibobol pencuri. Ada sekitar kurang lebih satu kilogram sarang walet yang diambil oleh pelaku,'kata Safrullah saat di konfirmasi Borneonews, Kamis (2/2/2017)

Ia menduga, pencuri tersebut melakukan aksinya dengan cara melompat pagar dan membobol bangunan samping pintu sarang waletnya. Kemudian, mengambil sarang walet yang berada di bangunan lantai dasar. 'Pelaku tampaknya tergesa'gesa, hingga tidak sempat mengambil sarang walet yang berada di bangunan lantai dua,' terang dia.

Ia mengaku bukan pertama kalinya bangunan sarang waletnya dibobol maling. Aksi pencurian sarang burung walet miliknya sudah terajdi beberapa kali. Sebelumnya Safrullah memang tidak melaporkan kejadian tersebut.

Namun dengan adanya kejadian kali ini, ia mengaku bakal melaporkan hal tersebut kepada pihak yang berwajib. Akibat pencurian tersebut, korban pun mengalami kerugian mencapai sepuluh juta rupiah. 'Kami berharap semoga para pelaku pencurian sarang walet yang meresahkan masyarakat selama ini cepat ditangkap oleh pihak yang berwajib, tukas dia. (RAMADHANI/B-8)

Berita Terbaru