Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Raja Ampat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tim Pencegahan Karhutla Kalteng akan Segera Dibentuk

  • Oleh Budi Yulianto
  • 03 Februari 2017 - 13:36 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Tim penanganan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) 2017 dalam waktu dekat bakal dibentuk. Gubernur Kalteng Sugianto Sabran akan menjadi penanggung jawabnya.

"Beberapa hari lalu telah melakukan rapat bersama presiden dan para menteri. Kita diminta segera membentuk tim. Gubernur sebagai penanggung jawab. Kemudian ada Dansatnya pak Danrem seperti 2016," kata Sugianto seusai Rakor lintas sektoral dalam rangka kesiapan penanganan Karhutla, Jumat (3/2/2017).

"Dulu ada tim pemburu api di Kalteng. Mungkin tahun ini tim pencegahan Karhutla. Yang mana di dalamnya ada pemprov, kabupaten/kota, Kapolda, Danrem, Kabinda, Kejati dan Pengadilan Tinggi," ungkapnya. Sugianto akan berusaha semaksimal mungkin mencegah terjadi Karhutla. Sebab selain berdampak pada perekonomian masyarakat, kebakaran juga bisa  menimbulkan penyakit.

"Pada 2015 sebagai pengalaman terjadinya kemarau panjang antara 6-7 bulan. Kemudian 2016, saat saya sudah dilantik menjadi gubernur, alhamdulillah dapat ditangani dan alhamdulilla secara nasional dari enam provinsi, kita salah satu provinsi yang dianggap sukses mengurangi jumlah kebakaran," tuturnya. (BUDI YULIANTO/B-6)

Berita Terbaru