Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Barru Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Terganjal Pembebasan Lahan, Kobar Batal Jalankan Program Cetak Sawah Gratis

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 03 Februari 2017 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Para petani di Kabupaten Kotawaringin Barat belum beruntung mendapatkan program cetak sawah gratis dari Kementerian Pertanian pada tahun 2017 ini. Sebabnya lahan yang diajukan oleh pemerintah daerah seluas 3000 hektar berada di lokasi HPK.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Perkebunan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kamaludin mengatakan bahwa program cetak sawah tersebut adalah merupakan program cetak sawah dengan membuka lahan baru (land clearing) dan bukan untuk kawasan pertanian yang sudah digarap.

Terkait dengan belum berhasilnya Kobar mendapatkan cetak sawah tersebut karena lahan yang diusulkan belum clear karena banyak tahapan yang harus diselesaikan terlebih dahulu.

" Sebagian lahan yang diusulkan kebanyakan berada di kawasan HPK dan harus diselesaikan izin pelepasan kawasan dulu, kalau hal itu sudah clear baru bisa dibuka, masalahnya disitu saja bukan karena kita engga mendapat bagian," terang Kamaludin, Jumat (3/1/2017).

Ia menegaskan bahwa saat ini untuk mencari lokasi lahan baru untuk kawasan pertanian yang berstatus APL di Kabupaten Kotawaringin Barat sangat sulit. Sehingga hal itu yang menjadi kendala dalam pengajuan usulan lahan untuk lokasi cetak sawah baru.

" Kita ditawarkan tahun depan tapi bisa selesai engga untuk pelepasan kawasannya," ujar Kamal. (KOKO SULISTYO)

Berita Terbaru