Aplikasi Pemetaan Suara & Manajemen Pemenangan Pilkada

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sebagian Fasilitas Umum di Menthobi Raya Dibangun Swadaya

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 03 Februari 2017 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Sejumlah fasilitas umum (fasum) di suatu daerah biasanya selalu dibangun dengan mengandalkan dana APBD maupun APBN. Namun hal tersebut ternyata tidak berlaku di Kecamatan Menthobi Raya, Kabupaten Lamandau.

"Kalau di sini banyak fasilitas yang kita bangun dengan anggaran dan pembangunan swadaya, misalnya seperti jalan, jembatan dan lainnya," kata Suwito, anggota DPRD Lamandau, Jumat (3/2/2017)

Dirinya mencontohkan, seperti jalan penghubung akses dari simpang perigi menuju H6, Desa Bukit Harum yang panjangnya sekitar 9 km.

"Itu kita bangun dan kita kelola dengan swadaya, bukan APBD atau APBN," katanya menegaskan.

Mekanismenya, kata dia, petani plasma kelapa sawit yang diberdayakan, misalnya setiap kelompok tani yang mengelola satu afdeling dibebankan pembangunan jalan sekian meter disertai perawatannya.

"Untuk merawatnyapun sama, semisal spot mana yang rusak dan harus dilatrit, maka kelompok tani afdeling di spot itulah yang harus bertanggungjawab. Kita pakai cara gotong royong saja, dan semua turut terlibat," katanya.

Hal lain, sebut dia lagi, misalnya pembangunan jembatan di perkampungan. Jika dana APBDes tidak memadai, maka mereka akan urunan.

Namun, ada juga beberapa fasilitas umum yang dibangun Pemkab Lamandau, seperti halnya fasilitas MCK, jalan utama serta jembatan-jembatan besar. (HENDI NURFALAH/B-11)

Berita Terbaru