Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barut Siapkan Dana Lebih dari Rp6 Miliar untuk Jaminan Kesehatan Masyarakat

  • Oleh Ramadani
  • 03 Februari 2017 - 17:34 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh ' Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Utara (Barut) telah menyiapkan dana sebesar Rp6 miliar lebih pada APBD Kabupaten Barut tahun anggaran 2017 ini untuk jaminan kesehatan masyarakat. Anggaran itu dialokasikan melalui Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Dinas Kesehatan (Dinkes) Barut.

Hal itu disampaikan Kepala Dinkes Barut Robansyah saat ditemui Borneonews di ruang kerjanya, Jumat (3/2/2017). Ia menjelaskan dana sebesar Rp 6.582.768.000,- itu akan digunakan untuk menjamin kesehatan masyarakat sebanyak 44.973 jiwa warga Barut yang menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan berdasarkan data akhir Desember 2016.

"Dana tersebut diperkirakan hanya mampu membiayai penjaminan masyarakat selama enam bulan. Namun pemerintah telah berkomitmen untuk penjaminan kesehatan mayarakatnya dengan menambah kekeurangan pada APBD Perubahan nantinya. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir untuk tetap berobat di RSUD, karena masalah kesehatan menjadi prioritas pemerintah daerah,' kata Robansyah.

Ia mengimbau kepada masyarakat yang belum terdaftar menjadi kepesertaan BPJS Kesehatan agar dapat mendaftarkan diri beserta keluarganya di BPJS kesehatan. 'Jangan pas sakit saja baru melakukan pendaftaran, seharusnya masyarakat lebih proaktif karena pemerintah telah mengaokasikan dana untuk menjamin masyarakatnya dalam bidang kesehatan' pungkasnya. (RAMADHANI/B-8)

Berita Terbaru