Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ngada Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Besok Gubernur Kalteng Panen Bawang

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 03 Februari 2017 - 19:53 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah provinsi (Pemprov) Kalteng memiliki lahan seluas 4 hektare untuk ditanami bawang merah. Lokasi Demplot bawang merah itu berada di Kelurahan Banturung Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya. Bawang merah tersebut sudah waktunya panen dan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dijadwalkan memanen perdana besok, Sabtu (4/2/2017) pagi.

"Kami punya empat hektare tanaman bawang merah disana dan tujuannya adalah 80 persen untuk bibit dan 20 persen nya untuk konsumsi. Nah besok itu panen perdana oleh pak Gubernur adalah yang termasuk 20 persen ini," kata Kepala Bidang Produksi Hortikultura, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Kalteng, Dewi Erawati kepada Borneonews di kantornya, Jumat (3/2/2017).

Menurut Dewi, fungsi dari penanaman bawang merah tersebut memang untuk penangkaran atau untuk kebutuhan bibit. Tujuannya, mendukung program 500 hektare lahan bawang merah yang ditujukan ke Kalteng. Ada 10 kabupaten/kota dari 14 daerah di Kalteng yang mendapat jatah komoditas ini dari pemerintah pusat.

"Bibit bawang merah tersebut di Banturung, ditanam pada 12 Desember 2016 lalu, dan kini sudah memasuki waktu panen," jelas dia. (M ROZIQIN/B-8)

Berita Terbaru