Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Inilah Delapan Desa Tertinggal di Kobar

  • Oleh Cecep Herdi
  • 03 Februari 2017 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Di era modernisasi saat ini, tak sedikit terdapat desa yang masih tertinggal baik dari sisi infratruktur, ekonomi, maupun fasilitas kekinian saat ini. Jangan berbicara tekhnologi internet maupun jaringan 4G yang tengah populer saat ini. Di beberapa desa di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) ini bahkan ada yang belum teraliri jaringan listrik.

Menurut Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kobar, Rustam Efendi, mengatakan ada delapan desa di Kobar yang bisa dianggap desa tertinggal. Di antaranya Desa Kondang, Desa Lalang, Desa Umpang, dan Desa Teluk Pulai. Kemudian,  Desa Kerabu, Desa Sungai Dau, Desa Sungai Cabang, dan Desa Sungai Sekonyer.

"Dari 81 Desa yang tersebar di enam kecamatan, ada delapan desa yang masih tertinggal," kata Rustam Efendi, Jumat (3/2/2017).

Penentuan desa tertinggal itu sudah melalui uji penilaian berdasar indikator utama yakni dilihat dari jalan penduduknya, sumber penghasilan utama penduduk, pengguna listrik, bahan bakar untuk memasak, tempat BAB, fasilitas pendidikan, kesehatan, tenaga kesehatan, jenis air bersih yang digunakan, fasilitas komunikasi, serta keberadaan pasar.

"Rata-rata desa tertinggal ini lokasinya jauh dan sulit dijangkau dari pusat kota," katanya. (CECEP HERDI/B-2)

Berita Terbaru