Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPBD Kotim Imbau Warga Pemukiman Waspada Kebakaran

  • Oleh Rian Nafarin Luffi
  • 04 Februari 2017 - 21:12 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mengimbau masyarakat agar mewaspadai kebakaran di sekitar pemukiman, lahan dan hutan selama musim kemarau mendatang.

"Musim kemarau tahun ini berdasarkan prediksi BMKG terjadi selama dua bulanan dan curah hujan menurun. Itu bisa menciptakan kekeringan, sehingga masyarakat perlu mewaspadai kemungkinan terjadinya kebakaran," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kotim Sutoyo, Sabtu (4/3/2017).

Salain itu, Sutoyo berharap masyarakat yang tinggal di pemukiman padat penduduk, agar secara rutin memeriksa kompor dan saluran listrik, untuk menghindari kemungkinan kebakaran yang diakibatkan hubungan arus pendek.

"Selain itu untuk masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan lahan dan hutan, agar dapat meminimalisir penggunaan api dalam aktivitas kesehariannya, karena pengunaan api secara berlebihan dapat memicu terjadinya kebakaran," jelasnya.

Sutoyo berharap dengan adanya imbauan itu, masyarakat dapat meningkatkan kewaspadaannya, sehingga polusi serta kerusakan lingkungn akibat kebakaran lahan dan hutan seperti yang terjadi tahun 2015 lalu, dapat dicegah sedini mungkin. (RIAN NAFARIN LUFFI/B-10)

Berita Terbaru