Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Supiori Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Lamandau Harus Serius Tangani Kekerasan terhadap Anak

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 04 Februari 2017 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Lamandau, meminta pemerintah daerah serius menyikapi kasus kekerasan seksual terhadap anak yang kerap terjadi di Lamandau.

KNPI menilai, masih terjadinya kasus yang hampir serupa tiap tahunnya, menjadi bukti penanggulanagan kekerasan seksual terhadap anak belum efektif.

"Kalau kasusnya hingga kini masih kerap terjadi, berarti harus diakui bahwa ada yang salah dalam pencegahannya," kata Ketua DPD KNPI Lamandau terpilih, Gusman, kepada Borneonews, Minggu (4/2/2017).

"Pemerintah pusat saja mengategorikan kasus seperti ini pada golongan kejahatan luar biasa. Itu artinya, pemkab juga harus mengatasinya secara luar biasa," tuturnya.

Gusman menyatakan, pembiaran kasus kekerasan terhadap anak mengancam kualitas generasi masa depan. "Kalau terus dibiarkan, lantas penerus Lamandau di kemudian hari akan diisi oleh siapa Mereka layu sebelum berkembang, cita-citanya sirna begitu saja," kata dia.

Selebihnya, Gusman berharap agar fokus kedepan, juga tidak hanya sebatas sosialisasi normatif, melainkan juga dibarengi aksi nyata, baik dalam pencegahan maupun penanggulangan korbannya.

Seperti diketahui, adanya kasus dugaan kekerasan seksual terhadap anak di bawah umur terbaru, dialami siswi SMP di Mukti Manunggal (H4), Kecamatan Menthobi Raya. Secara hukum, kasus tersebut sejak Rabu (1/2/2017) sudah dalam penanganan Polres Lamandau. (HENDI NURFALAH/B-10)

Berita Terbaru