Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Timor Tengah Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BMKG Prediksi Kotim Dilanda Hujan Lebat Disertai Guntur dan Angin Kencang

  • Oleh Rian Nafarin Luffi
  • 05 Februari 2017 - 13:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur diminta mewaspadai cuaca buruk berupa hujan deras disertai petir dan angin kencang yang berpotensi terjadi satu hari ke depan.

"Peringatan dini, waspada hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir atau angin kencang di wilayah Sampit," kata Kepala Stasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara Haji Asan Sampit, Nur Setiawan, Minggu (5/2/2017).

Prakiraan ini berlaku mulai Minggu (5/2/2017) pukul 07.00 WIB hingga Senin (6/2/2017) pukul 07.00.

Ini bukan peringatan dini pertama yang dikeluarkan BMKG. Sudah beberapa kali peringatan dini dikeluarkan terkait meningkatnya potensi hujan deras disertai petir dan angin kencang.

Sepanjang Januari hingga awal Februari, di Kotim sudah beberapa kali terjadi hujan deras disertai angin kencang. Masyarakat pun waswas ketika cuaca buruk melanda, terlebih angin kencang kerap terjadi pada siang dan sore hari.

"Kami mengimbau agar masyarakat terutama yang berada di wilayah barat Kotim agar waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang diprediksi," kata Nur.

Sementara itu, cuaca Sampit berdasarkan prakiraan cuaca oleh BMKG pada Minggu pagi hingga Senin pagi berpotensi hujan disertai guntur. Angin bertiup dari barat dengan kecepatan 5 hingga 19 km per jam. Tinggi gelombang laut di perairan Kalimantan dan Jawa rata-rata 1-3 meter. (RIAN NAFARIN LUFFI/B-3)

Berita Terbaru