Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPBD : Kepedulian PBS Terhadap Pencegahan Karhutla Masih Minim

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 05 Februari 2017 - 18:29 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Penanggulanan bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tidak hanya peran pemerintah semata. Perlu adanya dukungan dari elemen lain, seperti halnya Perusahaan Besar Swasta (PBS). Sayang, dari sekian banyak PBS di Kotim, hanya sedikit yang menunjukkan kepeduliannya untuk mencegah terjadinya karhutla.

"Baru sedikit PBS yang membantu kami menyosialisasikan penanggulangan bencana karhutla. Masih banyak PBS yang belum melakukan kerjasama sosialisasi," kata Kepala Bidang Kedaruratan Bencana dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kotim Sutoyo, Minggu 

Sutoyo menambahkan, untuk PBS yang sudah melaksanakan sosialisasi dan simulasi yakni PT Sinarmas dan Wilmar Group.

Dua perusahaan tersebut sudah meminta BPBD untuk melakukan sosialisasi dan juga simulasi penanganan karhutla di daerah tersebut. Sehingga kalau ada warga yang mengetahui terjadi karhutla, bisa secepatnya melakukan pemadaman.

"Ini adalah satu cara untuk menyosialisasikan terhadap masyarakat. Agar bisa menjaga daerahnya dari karhutla," kata Sutoyo.

"Kami menunggu permintaan saja. Karena belum ada dana yang diperuntunkan untuk hal tersebut," imbuh dia.

Partisipasi PBS, kecamatan, dan desa harus dicontoh pihak lain. Sehingga pemerintah, masyarakat dan perusahaan di Kotim bisa sama-sama melakukan pencegahan karhutla. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru