Aplikasi Sistem Pemetaan Suara Pemenangan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jadi Korban Penipuan Online, Segera Lapor Polisi

  • 06 Februari 2017 - 09:46 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kasus penipuan secara online maupun melalui telepon kerap terjadi di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Meski sudah banyak korban, belum ada satupun yang melapor ke polisi.

Kapolres Kobar AKBP Pria Premos meminta warga di Kabupaten berjuluk Marunting Batu Aji ini, segera melapor polisi jika menjadi korban penipuan secara online maupun melalui telepon.

"Jangan ragu untuk melapor kepada kami. Supaya segera ditangani," ucap Kapolres saat dihubungi Borneonews, Senin (6/2/2017).

Selama ini, terang Premos, anggota Cyber Crime juga sudah bekerja keras mengungkap laporan kasus penipuan online. Beberapa kasus besar sudah berhasil dituntaskan, akan tetapi kadang polisi kesulitan melacak pelaku karena kehilangan jejak.

Kapolres kembali berpesan, kepada korban yang sudah terlanjur menjadi korban penipuan secara online maupun melalui telepon, harap langsung melapor agar pelaku segera dilacak.

"Biasanya kami baru mendapat informasi dari media atau beberapa hari setelah kejadian, kalau begitu ya susah melacaknya. Jika segera dilaporkan, pasti segera ditindak," sebut Premos.

Dengan semakin berkembangnya zaman, ungkap orang nomor satu di Polres Kobar itu, kasus kejahatan semakin berkembang dengan memanfaatkan teknologi. Pelaku tak harus bertemu korban untuk melakukan penipuan.

Menanggapi hal itu, Polres Kobar terus memberikan imbauan, agar masyarakat semakin sadar akan tindak penipuan dengan berbagai modus secara online maupun melalui telepon.

"Tolong masyarakat mulai sadar. Kalau ada SMS atau telepon yang tidak masuk akal jangan ditanggapi," pesan Kapolres.

Jika berbelanja melalui forum online maupun toko online, imbuh Premos, masyarakat harus jeli membedakan mana situs atau penjual abal-abal dengan yang terpercaya. "Jangan hanya tergiur harga murah," tandasnya.(FAHRUDDIN FITRIYA/B-2)

Berita Terbaru