Aplikasi Quick Count Hitung Cepat Web & Android

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Tujuan PLN Ganti Kabel Tanpa Pembungkus

  • Oleh Wahyu Krida
  • 06 Februari 2017 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Salah satu penyebab pemadaman listrik bergilir di Kotawaringin Barat pada bulan ini, karena ada penggantian kabel sambungan udara tegangan menengah (SUTM) tanpa pembungkus atau isolator dengan kabel berisolator.

Manager Rayon PLN Rangkalan Bun Purwanto menjelaskan tujuan penggantian kabel sepanjang 9,5 Km di sistem Sei rangit - Pangkalan banteng atau di Desa Semanggang Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) .

"Selama ini sering terjadi listrik tiba-tiba padam akibat tersangkut oleh benang layangan pada kabel tanpa pembungkus. Benang tersebut berpotensi menjadi penghantar arus listrik antara dua kabel," jelas Purwanto.

Ia menjelaskan, bila kondisi benang layangan tersebut masih kering, memang tidak terjadi apa-apa. "Namun bila benang tersebut lembab atau basah akibat hujan atau embun, air yang membasahi benang itu bisa menjadi penghantar listrik dan terjadi arus hubungan singkat. sebagai upaya mencegah hal itu, maka saat ini pekerjaan penggantian kabel kita laksanakan," jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru