Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Bupati Katingan: Kemarau Tahun Ini Berlangsung Pendek

  • Oleh Abdul Gofur
  • 06 Februari 2017 - 13:56 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Wakil Bupati Katingan Sakariyas mengatakan, musim kemarau tahun 2017 yang diprediksi mulai akhir April akan berlangsung pendek.

"Kemarin kita ada pertemuan di provinsi terkait persiapan antisipasi musim kemarau tahun 2017 ini, memang berdasarkan ramalan BMKG kemarau tahun ini berlangsung tidak panjang," sebut Sakariyas di kantor bupati setempat, Senin (6/2/2017).

Namun, orang nomor dua di Katingan itu tetap mengimbau warga tidak melakukan pembakaran secara sembarangan pada musim kemarau tahun ini.

"Harapan saya pada musim kemarau tahun ini nanti warga jangan bakar lahan lah," imbuhnya.

Sementara itu, menurut catatan borneonews.co.id pada musim kemarau tahun 2016 lalu hanya berlangsung pendek dan berlangsung sekitar sebulan, Juli-Agustus.

Setelahnya disela beberapa hari cuaca panas diselingi turun hujan hingga sehingga saat itu di Katingan hanya ditemukan berapa titik api saja.

Namun pada kemarau 2015 lalu di kabupaten berjuluk Bumi Penyang Hinje Simpei ini cukup banyak lahan terbakar hingga menyebabkan langit di wilayah ini tertututup oleh kabut asap dan berlangsung beberapa bulan lamanya.

Bahkan saat itu siswa sekolah mulai dari TK, SD, SMP dan SMA sempat diliburkan beberapa hari karena kabut asap sepanjang hari terus menyelimuti daerah ini. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru