Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Balangan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tantangan Membidik Event Seni Budaya

  • Oleh Wahyu Krida
  • 07 Februari 2017 - 00:34 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Yup, event seni budaya adalah objek foto yang sayang dilewatkan. Tak heran pecinta fotografi memburu event seperti Pawai Nasi Adab, dan Festival Keraton Nusantara.

"Biasanya bulan Oktober dalam rangkaian HUT Kobar biasanya digelar Pawai Nasi Adab. Berlokasi di Jalan Pangeran Antasari, agenda tahunan merupakan momen berkumpulnya penggemar fotografi di Pangkalan Bun," jelas Adi penggemar fotografi di Pangkalan Bun.

Namun, menurut Adi, lambat laun, ajang pawai budaya terkesan monoton.

"Karena tampilan peserta pawai itu-itu saja, orang berseragam baju adat warna kuning dan seragam sekolah. Padahal bila melihat daerah lain yang memilii parade serupa, biasanya peserta menggunakan kostum yang unik dan menarik," ujarnya.

Meski begitu, dalam Pawai Nasi Adab 2016 tetap ada peserta pawai yang menggunakan kostum yang sangat unik. "Ada beberapa peserta pawai yang pakai kostum berbentuk mirip kupu-kupu dan kostum dari koran bekas. Kreasi unik tersebut jadi favorit masyarakt untuk difoto," ujarnya.

Selain itu ada lagi hal yang cukup menyulitkan pengemar foto mengabadikan momen dalam pawai tersebut. "Pengunjung yang nonton hampir mencapai tengah jalan yang dilintasi peserta pawai membuat suasana menjadi sesak. Ini membuat fotografer sulit mengambil foto. Baru saja kita membidik untuk mengambil gambar, eh saat shutter dipencet tiba-tiba ketutupan oleh punggung pengunjung," ujarnya sambil tertawa.

Begitulah tantangannya. (WAHYU KRIDA/B-10)

Berita Terbaru