Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banyuwangi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Gelar Rakernis Pendayagunaan Profil Desa dan Kelurahan

  • 06 Februari 2017 - 20:46 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) melalui Dinas Pemberdayan Masyarakat dan Desa (DPMD) menggelar kegiatan rapat kerja teknis (rakernis) pendayagunaan profil desa dan kelurahan. Kegiatan itu dilaksanakan di GPU Damang Batu Kuala Kurun, Senin (6/2/2017).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Gumas, Yulius Agau mengatakan, profil desa dan kelurahan adalah gambaran penyeluruh tentang karakter desa dan kelurahan yang meliputi data dasar keluarga, potensi sumberdaya alam, sumberdaya manusia, kelembagaan, prasarana dan sarana, serta perkembangan kemajuan dan permasalahan yang dihadapi desa dan kelurahan.

'Pendayagunaan profil desa dan kelurahan maksudnya sebagai upaya memanfatkan data dasar keluarga, data potensi desa dan kelurahan, serta tingkat perkembangan desa dan kelurahan dalam sistem perencanaan dan evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan,' kata Yulius Agau dihadapan ratusan kepala desa dan staf administrasi desa yang mengikuti kegiatan itu.

Mengingat pentingnya pendayagunaan profil desa dan kelurahan, lanjutnya, sebagai salah satu alat atau indikator dalam menentukan susunan organisasi dan tata kerja pemerintah desa (SOTK). 'Maka dibutuhkan komitmen bersama untuk menyukseskan pendayagunaan profil desa dan kelurahan,' ucapnya. (EPRA SENTOSA/B-8)

Berita Terbaru