Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jangan Panik saat Tabung Gas Bocor, Ini Cara Mengatasinya

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 06 Februari 2017 - 18:02 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Hingga saat ini, ternyata masih banyak masyarakat yang belum paham cara penanganan apabila tabung atau selang gas LPG (liquified petroleum gas) mengalami kebocoran.

Hal tersebut terlihat pada sosialisasi tentang penggunaan kompor gas dan cara penanganan kebocoran gas LPG secara cepat, tepat, dan aman, di Desa Bapeang, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

Petugas Dinas Damkar Kotim, Susanto memberitahukansejumlah trik atau tindakan yang harus dilakukan warga pengguna gas LPG.

'Yang penting jangan panik saat mendapati selang ataupun regulator tabung gas bocor dan mengeluarkan api. Masalah seperti ini bisa diatasi,' ujar Susanto.

Caranya, jelas dia, langsung menutup dan melepas regulator tabung untuk menghentikan aliran gas. Sedangkan upaya lainnya adalah menutup dengan jari tangan pada ujung selang yang mengeluarkan api. Hal tersebut bisa membuat kobaran api langsung padam.

'Berikutnya, untuk keamanan maksimal, setelah api padam cabut regulator dari tabung gas,' lanjut Susanto.

Menurut Susanto, hingga saat ini memang masih ada anggapan keliru dari masyarakat tentang penggunaan kompor gas yang dianggap bisa meledak. Padahal tabung gas elpiji tersebut sangat aman dan tidak bisa meledak. Pemicu ledakan adalah kebocoran gas yang mengendap di ruangan tertutup, seperti dapur yang tidak memiliki sirkulasi udara yang cukup.

Dijelaskannya pula, agar aman, masyarakat hendaknya menaruh tabung gas di tempat terbuka dan terdapat sirkulasi keluar masuk udara. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru