Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Yahukimo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Sarankan SKPD Sumbang PAD Perlu Diberi Reward

  • Oleh M. Rifqi
  • 07 Februari 2017 - 11:40 WIB

BORNEONEWS - Sampit - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kotawaringin Timur (Kotim) meminta pemerintah kabupaten setempat memberi penghargaan atau reward kepada satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang berkontribusi terhadap pendapatan asli daerah (PAD).

"Besar harapan kami agar SKPD yang berkontribusi terhadap peningkatan PAD diberikan reward," kata Anggota Komisi I DPRD Kotim Hj Salasiah, Selasa (7/2/2016).

Selama ini, lanjut politisi PPP itu. Pemerintah daerah hanya menuntut kewajiban SKPD kreatif menggali dan meningkatkan PAD. Begitu juga para wajib pajak dituntut melaksanakan kewajibannya. Namun, hak-hak SKPD dan wajib pajak untuk diberikan reward tidak ada.

"Kalau kita berikan reward kepada SKPD dan wajib pajak yang berkontribusi terhadap peningkatan PAD, maka SKPD dan wajib pajak lain akan berlomba untuk berkontribusi terhadap PAD," ujar dia.

Lebih lanjut Salasiah meminta SKPD perlu lebih kreatif dan terus berinovasi dalam menggali PAD. Namun yang perlu diperhatikan target menggali PAD ini tidak malah terlalu membebani masyarakat.

"Kami melihat masih ada SKPD yang mematok target PAD rendah, agar mudah dalam pencapaiannya. Padahal potensi SKPD tersebut cukup besar untuk berkontribusi lebih besar terhadap PAD," kata dia. (MUHAMMAD RIFQI/B-5)

Berita Terbaru