Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bintan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kisah Pengrajin Tudung Saji (3): Bagian Terpenting Merajut Ornamen

  • Oleh Wahyu Krida
  • 08 Februari 2017 - 00:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Membuat ornamen atau motif menjadi salah satu bagian terpenting dari pembuatan tudung saji, kerajinan tangan khas Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Ornamen disulam setelah media hias tudung saji dibuat.

Nurbakti (55) atau yang biasa disapa dengan panggilan Nenek Unggal, pengrajin tudung saji di Kobar, menjelaskan ada ornamen yang sengaja dibuat standar agar tudung saji hias ini memiliki ciri khas. "Bagian bawah sulaman manik-manik yang berbentuk silang disebut dengan istilah Karang Jala. Sedangkan bagian yang melingkari ornamen utama istilahnya Memutu," jelasnya.

Sedangkan ornamen utama yang berbentuk logo disebut dengan istilah Melambang. "Untuk mengias tudung saji dengan sulaman manik-manik berwarna warni, diperlukan waktu pengerjaan sekitar 4 hari, tergantung besar kecil serta kerumitan ornamennya," jelasnya.

Agar ornamen tersebut tidak mudah rontok, maka ketelitian, ketekunan dan kesabaran pengrajin sangat diperlukan untuk membuat karya yang apik. "Karena kita menjual kualitas. Bila dibuat asal-asalan maka akan merusak nama baik kita sendiri sebagai pengrajin," ujarnya. (WAHYU KRIDA/B-10)

Berita Terbaru