Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kebumen Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penyebab Kemunculan Buaya (2): Karena Kebiasaan Warga Membuang Bangkai Hewan atau Ikan di Sungai

  • Oleh Wahyu Krida
  • 07 Februari 2017 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Nah, ubahlah kebiasaan buruk membuang bangkai hewan atau ikan yang telah membusuk ke sungai. Sebab, ini juga bisa mengundang kedatangan buaya, yang selama ini dikenal ogah memasuki area keramaian.  

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin barat (Kobar), Agung Widodo Selasa menjelaskan, aroma yang ditimbulkan bangkai menarik indra penciuman hewan predator itu.

"Bila masyarakat masih membuang bangkai hewan atau ikan di sungai, lama-kelamaan buaya merasa didekat perkampungan sangat mudah mencari makanan. Maka predator tersebut akan selalu berkeliaran dekat perkampungan," jelasnya.

Menurut Agung, menghentikan kebiasaan membuang bangkai binatang atau ikan di sungai adalah salah satu upaya mencegah kehadiran buaya di kawasan perkampungan pinggir sungai.

"Bukan itu saja. Bangkai binatang dan ikan atau sampah-sampah yang dibuang secara sembarangan di sungai tentunya membuat air tercemar. tentunya merugikan kesehatan kita sendiri kan" ujarnya. (WAHYU KRIDA/B-10)

Berita Terbaru