Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gunung Kidul Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Selama 2016, BKSDA Sampit Terima Penyerahan Puluhan Satwa Dilindungi

  • Oleh Parnen
  • 07 Februari 2017 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang ' Selama 2016 lalu, pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, telah menerima penyerahan puluhan satwa liar dilindungi. Lokasi penyerahan hewan tersebar, mulai dari Kabupaten Seruyan hingga Kotawaringin Timur.

'Kalau dari Seruyan ada sebanyak tiga ekor, meliputi dua ekor orangutan dan satu ekor buaya muara. Sedangkan dari Kotim sebanyak 22 ekor. Untuk jumlah dari Kotim tersebut, penyerahan satwa terbanyak yakni orangutan. Sisanya meliputi buaya muara, trenggiling, kukang, dan uwa-uwa,' kata Kepala BKSDA Sampit Muhriansyah di Kuala Pembuang, Selasa (7/2/2017).

Mengenai penyerahan puluhan satwa liar tersebut, Muhriansyah mengungkapkan bahwa kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap keberadaan dan keberlangsungan habitat dilindungi itu dari tahun ke tahun semakin meningkat. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya jumlah hewan yang diserahkan ke BKSDA.

'Kami dari pihak BKSDA sendiri secara terus-menerus selalu mengimbau warga untuk turut menjaga keberlangsungan habitat atau satwa yang dilindungi dari ancaman kepunahan. Salah satu peran partisipatif yang bisa ditunjukkan warga adalah dengan menginformasikan atau melaporkan serta menyerahkan penemuan jenis satwa yang dilindungi. Antara lain orangutan, buaya muara, elang, uwa-uwa, trenggiling, kukang, dan lainnya,' ungkap dia. (PARNEN/B-3)

Berita Terbaru