Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perbup ADD dan DD Mulai Disusun, Pertengahan Maret Ditargetkan Pencairan Tahap Satu

  • 07 Februari 2017 - 19:32 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMDes) menggelar rapat koordinasi penyusunan draf Peraturan Bupati (Perbup) terkait Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD), Selasa (7/2/2017) 

"Setiap tahun dilakukan rapat koordinasi bersama camat dan tim pelaksana teknis untuk penyusunan draf perbup terkait ADD maupun DD," kata Kabid Pemberdayaan Kelurahan dan Pemerintahan Desa Dinas PMDes. Jhon Pita.

Dalam penyususan draf perbup itu, selain melibat camat serta aparatur desa, pihaknya juga menggandeng instansi terkait seperti Inspektorat, Bagian Hukum Setda Kapuas dan bidang keuangan. 

"Kita targetkan segera selesai bulan ini. Sehingga pertengahan Maret 2017 sudah bisa digunakan untuk pencairan tahap satu untuk ADD dan DD," katanya.

Adapun untuk pencairan ADD tahun ini, tidak sama dengan sistem pada tahun 2016 yang menggunakan tiga tahap pencairan. Di tahun 2017, pencairan dibagi dalam dua tahap. Tujuannya, agar kinerja kades lebih efisien dan efektif..

"Tahun ini kita usulkan dua kali pencairan saja. Agar kades tidak membuang waktu dan lebih banyak di kota karena mengurus pencairan ADD maupun DD. Proses pencairan juga tidak lagi di kabupaten, semua urusan birokrasi cukup di kecamatan. Kabupaten hanya memberikan rekomendasi untuk pencairan," pungkas Jhon Pita. (DJIMMY NAPOLEON/B-11)

Berita Terbaru