Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

4 Kelurahan Telah Sampaikan Usulan, Kecamatan akan Tentukan Skala Prioritas

  • Oleh Testi Priscilla
  • 07 Februari 2017 - 20:09 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Camat Jekan Raya Sahrudin mengatakan empat kelurahan di wilayahnya sudah menyampaikan usulan dalam Musrenbang. Meski diakuinya usulan yang masuk masih didominanaso pembangunan fisik, Namun pada tingkat selanjutnya yakni tingkat kecamatan akan ditentukan skala prioritas usulan.

"Kelurahan Menteng, Kelurahan Palangka, Kelurahan Bukit Tunggal dan Kelurahan Petuk Katimpun sudah menyampaikan banyak usulan yang diharapkan dapat menjadi prioritas. Namun disadari tentu kita akan lebih mengedepankan usulan mana yang bisa dilaksanakan dan usulan mana yang masih belum bisa dilaksanakan. Kita tentukan skala prioritasnya," ungkap Sahrudin saat kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Jekan Raya di Aula Kantor Kecamatan Jekan Raya, Selasa (7/2/2017).

Di tempat yang sama, Wali Kota Palangka Raya, HM Riban Satia menegaskan pemahaman musrenbang dalam lingkup masyarakat memang harus diluruskan. Pasalnya, selama ini masyarakat mengira ketika usulan digaungkan pada tahun 2017 maka pelaksanaannya akan dilakukan pada tahun yang sama.

"Padahal usulan tersebut mesti melalui identifikasi lalu menarik hasil akhir, dengan melihat yang mana lebih serius dan mana yang masih bisa kita tunda. Lalu pelaksanaannya pun baru bisa dilaksanakan pada tahun berikutnya," kata Riban membuka kegiatan tersebut.

Pemahaman inilah yang menurut Riban membuat masyarakat lantas mengeluhkan kinerja pemerintah. Padahal setiap usulan harus melalui sebuah proses dan semuanya itu melalui perencanaan anggaran yang matang, sehingga tidak ada keraguan ketika telah melaksanakan.

"Kelurahan pada setiap kecamatan tidak memiliki pemetaan yang tepat dalam menyikapi permasalahan dan persoalan yang dapat dimasukan pada program pembangunan karenanya jajaran Kelurahan adalah barisan terdepan dalam hal menginformasikan kepada masyarakat," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-8)

Berita Terbaru