Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Boven Digoel Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Faktor Penggerak Harga Minyak Sawit Rabu (8/2/2017)

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 08 Februari 2017 - 11:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pada perdagangan Rabu (8/2/2017), harga minyak sawit diperkirakan akan melanjutkan penguatannya menyusul sejumlah sentimen positif yang dapat mendorong aksi beli oleh pelaku pasar.

Ekspektasi ketatnya pasokan minyak sawit di pasar jadi pemacu penguatan harga pada perdagangan Selasa, selain juga berkat dukungan menguatnya dolar AS terhadap ringgit Malaysia.

"Faktor melemahnya ringgit terhadap dolar AS masih akan menjadi pemacu penguatan harga minyak sawit pada perdagangan Rabu ini," kata seorang pelaku pasar di Kuala Lumpur, seperti dikutip Reuters.

Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama, naik 0,37 persen menjadi 100,280 pada akhir perdagangan Selasa. Melemahnya ringgit akan membuat harga minyak sawit lebih menarik bagi pelaku pasar yang memegang mata uang asing.

Faktor lain yang bisa mendongkrak gairah beli adalah menguatnya harga kedelai di AS seiring dengan tingginya permintaan ekspor.

Kemudian, faktor yang juga akan menjadi pertimbangan pelaku pasar adalah jatuhnya harga minyak mentah di pasar global semalam.

Minyak mentah West Texas Intermediate untuk kontrak Maret turun 84 sen, atau 1,6%, menjadi $52,17 per barrel di New York Mercantile Exchange.

Sedangkan minyak mentah Brent untuk kontrak April di ICE Futures exchange, London, turun 67 sen, atau 1,2%, menjadi $55,05 per barrel. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru