Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penebangan Pohon oleh PLN Timbulkan Permasalahan Sampah di Pangkalan Bun

  • Oleh Cecep Herdi
  • 08 Februari 2017 - 13:42 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Penebangan ranting pohon yang mengganggu jalur listrik hampir di seluruh jalan protokol Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, oleh petugas PLN menimbulkan masalah kebersihan dalam kota. Petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang rutin membersihkan jalan protokol di ibukota kabupaten Kobar itu pun kewalahan.

Sampah bekas ranting pohon berserakan dan menumpuk di bahu jalan. Petugas PLN yang menebang dahan dan ranting pohon tidak serta merta membersihkannya.

"Penebangan itu harusnya dengan pengangkutan. Kalau ini terus dibiarkan saja, kami yang kerepotan. Alasan mereka (PLN) tidak ada anggarannya," kata Koordinator Petugas Kebersihan DLH Kobar, Wasio, di Pangkalan Bun, Rabu (8/2/2017).

Wasio menceritakan, sampah pohon yang bererakan iti di antaranya di Jala Ahmad Wongso, Bayangkara, Malijo, Pasanah, dan Diponegoro, serta jalan Iskandar. "Hasil tebangan itu disimpan di bahu jalan atau di bawah pohonnya."

Wasio mengaku permasalahan ini sudah sejak lama terjadi, bahkan petugas kebersihan pun sudah kewalahan membersihkan sampah-sampah daun yang mengering itu.

"Minimal ada koordinasi dari mereka, PLN ke DLH, soalnya untuk membersihkan itu juga kami perlu anggaran untuk operasional dan gaji lembur untuk petugas kebersihan," tutup Wasio. (CECEP HERDI/N).

Berita Terbaru