Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Konawe Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PLN Pangkalan Bun Ganti Kabel Tanpa Pembungkus di Beberapa Lokasi

  • Oleh Wahyu Krida
  • 09 Februari 2017 - 06:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - PLN Rayon Pangkalan Bun rupanya tengah punya kegiatan mengganti kabel Sambungan Udara Tegangan Menengah (SUTM) tanpa pembungkus atau isolator dengan kabel berisolator di beberapa lokasi.

Lokasinya tak hanya terpusat di sistem Pangkalan Banteng hingga Sungai Rangit, tapi juga di lokasi lain yang dianggap rawan gangguan listrik pada kabel tanpa isolator.

"Untuk penggantian jalur kabel di Desa Semanggang (Pangkalan Banteng) diputuskan hanya sepanjang dua kilometer. Kemudian daerah yang mengalami penggantian kabel listrik Dusun Tatas Kelurahan Baru sepanjang 3 Kilometer," jelas Manajer Rayon PLN Pangkalan Bun Purwanto Rabu (8/2/2017).

"Sedangkan sisanya 4,5 kilometer dibagi-bagi pada beberapa titik jalur kabel yang terbentang antara Kumai menuju Pantai Kubu hingga Teluk Bogam serta kawasan Desa pasir Panjang arah Kumpai Batu Atas," lanjutnya.

Purwanto mengatakan, penggantian kabel tanpa pembungkus di beberapa titik juga ditentukan oleh tingkat kerawanan gangguan listrik akibat kondisi sekitar.

"Misalnya untuk di kawasan Desa Semangang, penggantian karena banyak tanaman karet warga yang tidak bersedia dipotong, walaupun terkena kabel listrik. Demikian juga di Dusun tatas, banyak tanaman sawit milik warga di sekitar tiang listrik," jelasnya.

Sedangkan untuk jalur Kumai arah Pantai Kubu hingga Teluk Bogam dan jalur Desa Pasir Panjang arah desa Kumpai batu atas, penggantian kabel dilakukan lantaran seringnya gangguan listrik akibat kabel tanpa isolator terkena benang layang-layang.

"Karena benang basah akibat embun atau hujan, maka terjadilah hubungan arus pendek pada kabel tanpa pembungkus, sehingga listrik menjadi padam," jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-10)

Berita Terbaru