Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Buru Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PDAM Belum Terima Laporan Peningkatan Bakteri E Coli di Sungai Jelai

  • Oleh Norhasanah
  • 08 Februari 2017 - 16:42 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Sukma Sukamara belum mengetahui adanya peningkatan bakteri E coli pada kandungan air Sungai Jelai. Sehingga proses pengolahan bahan baku air dari sungai tersebut masih dilakukan dengan takaran campuran yang wajar.

Direktur PDAM Tirta Sukma Sukamara, Acep Sutisna mengatakan belum mendapat laporan terkait hal tersebut. Bahkan sistem pengolahan bahan baku air masih disesuaikan dengan kondisi air yang normal, atau tidak ada perlakukan khusus saat mengolah bahan baku.

'Bahan yang biasa PDAM gunakan untuk proses pengolahan air adalah kaporite, soda dan juga tawas. Apabila terjadi kenaikan suatu kandungan dalam air bahan baku maka akan kita tingkatkan takaran atau dosis sesuai dengan kondisinya,' kata Acep Sutisna, Rabu (8/2/2017).

Menurutnya, apabila memang terjadi peningkatan bakteri E coli pada kandungan air Sungai Jelai maka pihaknya bisa mengambil tindakan dengan menambah takaran kaporite untuk mematikan berbagai jenis bakteri.

'Kita pastikan dahulu apakah memang terjadi peningkatan tersebut karena kami belum dapat datanya,' ujar Acep Sutisna. (NORHASANAH/B-11)

Berita Terbaru